Juara Spain Masters 2021, Ranking Putri K.W Melesat 70 Tingkat

Jakarta – Ranking dunia tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani melonjak tajam usai juara Spain Masters 2021. Posisinya naik 70 tingkat.

Menukil peringkat yang diperbarui BWF pada pekan ke-21 atau Selasa (25/5/2021), peringkat Putri mengalami perubahan yang signifikan dari ranking sebelumnya di pekan ke-20.

Pelapis Gregoria Mariska Tunjung itu awalnya hanya menempati posisi 200 dunia dengan 7,460 poin. Kini meningkat ke peringkat 130 dengan 14,460 poin.

Dengan peningkatan ini, maka peringkat Putri kian dekat dengan para seniornya seperti Gregoria Mariksa Tunjung, Ruselli Hartawan, dan Fitriani, yang kini tidak di Pelatnas PBSI lagi.

Sejauh ini, Gregoria masih menempati peringkat 23 dunia, setelah terakhir tampil di Thailand Open Januari lalu. Kemudian disusul Fitriani yang berada di peringkat 39 dunia dan Ruselli di nomor 42 dunia.

Atlet lainnya, Lyanny Alessandra Mainaky menempati rangking 85 dan Choirunnisa di posisi 96. Kemudian Yulia Yosephine Susanto di ranking 102.

Selain Putri, wakil Indonesia yang juga mengalami peningkatan pada rankingnya ialah ganda putri Indonesia, Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti. Mereka menembus ranking 127 dunia, dari semula berada di peringkat 409 pada 18 Mei lalu karena baru mulai dipasangkan.

Sementara dari ganda putra, Pramudya Kusuma Wardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan naik ke peringkat 44 dari sebelumnya 54 dunia.

Begitu pula dengan tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo. Kendati hanya mampu meraih runner up, tapi hasil tersebut menyodok ranking Chico dari semula 80 dunia menjadi 63 dunia di pekan ke-21.

Sedangkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran) hanya naik dua tingkat di pekan ini, dari sebelumnya peringkat 23 pada pekan lalu, usai juara turnamen level 300 tersebut.

Sebelumnya, Indonesia berhasil memboyong empat gelar dan dua runner dari Spain Masters 2021, yang dihelat di Huelva, Spanyol. Gelar-gelar itu diraih dengan materi yang didominasi para pemain pelapis.

Adapun gelar juara dipersembahkan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (ganda putra), Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (ganda putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

Sementara posisi runner up diraih Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra) dan Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani (ganda putra).

Leave a Reply